Nani Yuliani Fahmuji

Jadilah manusia yang bermanfaat untuk oranglain ASN Guru Mata Pelajaran IPS di MTs. N 1 Kota Cilegon di bawah Kementerian Agama Kota Cilegon Lulusan STKIP Ban...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mempraktekan  Resep  Masakan  Ibu  Guru

Mempraktekan Resep Masakan Ibu Guru

#Tantangangurusiana Menulis hari ke 130 ( 22 Juni 2020 )

Hari ini saya ingin menuliskan tentang salah satu resep masakan. Yang ada di buku tunggal perdana sahabatku ibu Hj. Yayah Rokayah, S.Pd. Yang berjudul “Resep Masakan Ibu Guru “ yang sudah saya praktekan. Ketika membaca buku resep masakan karya ibu Hj. Yayah Rokayah, S.Pd. Eeeh ternyata nemu resep Nasi Liwet di halaman 105, yang kebetulan nasi liwet ini masakan favorit suamiku.

Mumpung lagi libur sekolah, hari ini saya ingin memanjakan suamiku, yaa hari ini suamiku minta di masakin nasi liwet. Siapa takut ucapku, hehe…. Kan ada buku resep Masakan Ibu guru. Ibu Hj. Yayah Rokayah, S.Pd. Setelah saya pelajari resepnya. Saya pergi ke warung sayur persis samping rumahku. Untuk membeli bahan - bahan yang di perlukan untuk membuat nasi liwet, setelah di rasa bahan- bahan untuk membuat nasi liwet sudah lengkap langsung saya eksekusi semua bahan bahan tersebut. Bahan- bahan yang di butuhkan adalah.

1. ½ kg Beras

2. 700 – 800 ml air

3. 11 Siung bawang merah ( Rajang )

4. 3 Siung Bawang putih ( Rajang )

5. 4 Cabe merah keriting

6. 200 gr ikan teri medan

7. 3 Batang serai

8. 4 Lembar daun salam

9. 4 lembar daun salam

10. 3 Lembar daun jeruk

Cara membuatnya yaitu :

Panaskan minyak goreng kemudian teri medan di goreng hingga keemasan, angkat dan tiriskan, kemudian goreng semua bumbu yang sudah di rajang seperti bawang putih, bawang merah, cabe, serei, daun salam, daun jeruk hingga layu, kemudian di kasih air sedikit. Matikan api angkat dan tiriskan. Lalu siapkan beras cuci bersih masukan air sesuai jenis berasnya. Masukan ke dalam magicom.

Kemudian bumbu yang tadi sudah di oseng, masukan juga kedalam beras yang tadi sudah di masukan ke dalam megicom. Kemudian di masak tunggu hingga nasi matang , setelah nasi matang kemudian buka magicom lalu aduk. Daaaaan Taraaaa Nasi Liwet riquest suamiku sudah matang dan siap saji tinggal bikin pelengkap toping untuk nasi liwetnya.

Karena pake resep rahasia dari buku #ResepMasakanIbuGuru . Selain nasi liwet. Sudah ada beberapa resep masakan lain yang sudah saya praktekan. Diantaranya Soto Ayam, Pindang ikan Bandeng, Bola bola Pisang, Opor Ayam, Telur BAlado, Tumis Buncis Wortel, dan Acar mentimun. Rasanya nya maknyuss sekali. Jenis masakan yang sudah saya sebutkan itu Alhamdulillah sudah langsung saya praktekan sesuai dengan resep yang ada di buku Resep Masakan Ibu Guru. Selain yang sudah saya sebutkan itu masih banyak lagi resep-resep masakan yang gampang banget buat di praktekan tapi rasanya memuaskan. Semuanya kurang lebih ada 103 resep masakan di dalam buku ini.

Hayoo para kaum emak emak ga rugi looh beli buku ini malah kita jadi semakin pintar memasak. Dan pastinya cocok untuk di jadikan referensi masakan biar tambah di sayang suami dan anak- anak di rumah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah wa syukrulillah ala nikmatillah. Semoga bermanfaat bukunya dan hidup penuh berkah. Terimakasih yaa atas testimoninya. Mhn maaf atas segala kekurangannya. Smg buku karya bu Nani Yuliani segera terbit juga. Keren. Salam literasi.

22 Jun
Balas

Amiiiiiiin makasiiiih say

22 Jun

Sukses selalu

23 Jun
Balas

keren...

22 Jun
Balas

Mantap... Terima kasih juga sudah berbagi resep.. Salam

22 Jun
Balas

sama sama bunda salam manis dari cilegon

22 Jun

Nanti aku coba deh liwetnya...

22 Jun
Balas

Sok di coba pasti enak

22 Jun

Jadi ingin mencoba... Bu... Keren... Salam literasi.....

22 Jun
Balas

Silahkan bapa

22 Jun

Mantap,resepnya patut dicoba

22 Jun
Balas

monggo ibu silahkan

22 Jun

Mantaaap Bunda....ayo kita eksekusi...

22 Jun
Balas

Silahkan bunda

22 Jun

Silahkan bunda

22 Jun



search

New Post